Sabtu, 06 Juni 2009

Menjadi Pemaaf

"Jadilah engkau Pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh" (Al-A'raaf:199)

Pemaaf dan lapang dada adalah kewajiban manusia unggul dan berjiwa besar terhadap manusia berjiwa lemah dan labil.
Berbagai macam tribulasi dan gangguan yang dihadapi oleh Nabi SAW dalam mengajak umat manusia menyembah Allah SWT. Namun tak pernah terbesit dibenak beliau sedikitpun rasa dendam, bahkan terhadap orang-orang yang akan membunuhnya sekalipun. Yang terjadi Beliau selalu memaafkan siapapun yang pernah menyakiti dirinya dengan ucapan dan perbuatan. Akhlaq inilah yang membawa kesuksesan pada da'wah Rasulullah SAW sehingga seluruh jagad raya disinari oleh cahaya Islam.
Kemuliaan Sifat Pemaaf:
  1. Amru ILLAHI: Perinta Allah, setiap perintah Allah pasti membawa kemuliaan.
  2. Sifat Mulia Rasulullah SAW
  3. Orang pemaaf akan mendapatkan maghfirah dari Allah "...dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapangdada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (QS. An Nuur :22)
  4. Akan Mendapatkan mahabbah (cinta) dari Allah dan Makhluk Nya."Dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuta kebajikan" (Qs. Ali Imran : 134)
  5. Pemaaf itu ciri otang yang bertaqwa "...dan pemaafan kamu itu lebih dekat kepada taqwa" (Al Baqarah :234

Tidak ada komentar:

Posting Komentar